Nungging Tapi Empuk

2217tingin-sok--scorpio-axl-1Sudah jadi rahasia umum kalau monosok standar Yamaha Scorpio mudah amblas. Solusinya banyak pengguna Scorpio mengakali dengan pasang variasi peninggi sokbreker. “Biar bodi belakang motor lebih nungging,” ujar Hery Budiman, pemilik Scorpio from Depok.

Tapi masalahnya pasang peninggi peredam kejut variasi itu malah bikin redaman sok belakang keras. “Ini bisa terjadi lantaran posisi kemiringan sok belakang sudah berubah,” ujar Wardoyo, builder dari rumah modifikasi Gandul 2Wheels Custom di Gandul, Depok.2218tingin-sok--scorpio-axl-2.jpg

Sok belakang Scorpio yang berubah menjadi keras pengaruh dari sudut kemiringan yang terlalu tegak. “Harusnya bikin desain peninggi sok enggak mengubah kemiringan suspensi belakang,” jelas Wardoyo lagi.

Biar tetap empuk dan posisi bodi belakang nungging, Wardoyo coba kasih solusi. “Agar aman enggak usah ganti peninggi sok baru, cukup modifikasi dari komponen aslinya,” bilang builder yang juga pemilik Scorpio-Z ini.

Ada dua komponen yang perlu dimodifikasi. Pertama, memotong as conrod atau dudukan sokbreker bawah comyang berhubungan dengan amrile. “Potong bagian conrod sepanjang 2 cm lagu disambung menggunakan las listrik (gbr. 1),” terang Bos G2C ini.

Selanjutnya tinggal potong bagian tengah amrile lalu dikurangi 1,5 cm. “kemudian sambung kedua bagian yang terpisah ini pakai las listrik (gbr. 2),” jelas War sapaan akrab Wardoyo.

Tujuan mengurangi conrod dan menambah pelat di amrile ini agar posisi sokbreker lebih tinggi. “Ini yang membuat bodi belakang lebih tinggi namun suspensi tetap empuk

~ oleh fansconer pada 25 Juli 2009.

7 Tanggapan to “Nungging Tapi Empuk”

  1. salam knal, aman ndak dengan solusi itu nm ada efeknya ndak? trus klo dibalikin seperti semula ada bekas n kelihatankah?
    bro bisa lihat hasil pionya setelah dinunggingin ndak?
    sok depan klo diturunin pengaruh ndak biar merunduk n enak dibawa saat kecepatan tinggi, ama diganti stangnya?
    mohon sarannya?

  2. klo conrod n arm relay nya dipotong apa gak pengaruh ke safety mas bro???,,saran ane sich mendingan ganti arm relay nya degn yg Extreme buatan pabrikan…sekarang dah bnyak yg jual di bengekel2 modofikasi n ada jenis n tingkatannya,,dan kita tetp pakai conrod yg original nya dah langsung nungging mas bro.,ane dah coba di pio ane n gak masalh dengan suspensinya tetep empuk n safety bwt touring jarak jauh

    • ya begitulah bro. nilai modifikasi memang tinggi, pokoknya semangat berjuang aja…. dan terus cari modifikasi terbaru

    • mas bro…
      AR yg di pake’ ksaran brp duit yah???
      kdg liat AR yg hrg 50rbuan agak ragu.coz kmren d liatin AR yg bli jadi yg jeplak gr2 lahar nya ga mw muter nth bosh nya yg ga bgus gt lah,jd dia ga gerak.serem jg.mo beli yg bagusan dkit tp ga nemu ni d kota kcil ky’ gni.mo ke kota besar wktunya mepet x.ane tinggal d Asahan,Sumut.skitar 4-5 jam dr medan.
      mohon infonya mas bro biar ntr ane bs nitip sm tmen2 yg tinggal d Medan.
      b4 n after,thank’s…

      • masih kami pelajari mas bro. AR yang cocok dengan bosch yang seimbang.. am relay terbaik masih kami combinasikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: