Jadi Lebih Ganas

2337scorpio-karbu-sp-bela-1Kurang puas terhadap performa standar Yamaha Scorpio? Nggak usah khawatir, pasalnya Dwi Utomo alias Jidat bagi-bagi tips biar respon Kalajengking ini bisa seganas RX-King. Ubahannya enggak sulit dan biaya juga masih terjangkau. “Ganti aja penyuplai bahan bakarnya pakai karburator konvensional atau menggunakan skep,” ujar mekanik Datz Motor yang buka bengkel di Jl. Mandalika 1 Tanjung Duren, Jakarta Barat.2338scorpio-karbu-sp-bela-2

Ini lantaran kerja karburator standar yang menganut model vakum tidak seresponsif karburator skep. “Apalagi bila karet vakum di karbu sudah keras lantaran pemakaian lama, ini berpengaruh dengan isapan venturi yang kurang maksimal akhirnya tenaga motor jadi kurang responsip,” jelas Jidat lagi.

Untuk mengganti dengan karburator skep ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi terlebih dulu. “Kalau ubahan yang gue lakukan pakai karbu Keihin PE 28 aslinya milik Honda NSR150-SP,” jelas mekanik yang juga menjabat Kordinator Chapter klub SC (Scorpio Club) 225, Jakarta ini.

2339scorpio-karbu-sp-bela-3Selanjutnya bikin adaptor baru menggunakan bahan aluminium. Bentuknya dibuat seperti breket karet kaburator asli. Peranti ini dibutuhkan agar posisi karbu lebih mundur, biar filter karbu bawaan motor masih bisa diaplikasi.

Ini lantaran dimensi karburator SP lebih kecil dibanding penyuplai bahan bakar bawaan motor. “Nah, ketebalan adaptor baru yang dibutuhkan cukup 17 mm saja, barangnya tinggal pesan ke tukang bubut,” terang mekanik dengan jidat lebar ini.2340scorpio-karbu-sp-bela-4

Spuyer karbu juga harus diset ulang. Untuk Yamaha Scorpio main-jet 110. sedang pilot-jet pakai 48. Jika yang sudah diporting dan ganti knalpot pakai paduan 115/48.

Selanjutnya tinggal ganti tali gas lama dengan tali gas milik gas Vespa, sebab penarik skep bawaan motor ini sudah nggak bisa diaplikasi lagi. Cukup tali gas saja! sebab selongsong atau selang gas orisinal masih bisa dipakai.

Sekarang tinggal rakit perangkat karburator baru ini ke bagian kepala silinder Scorpio. Bila motor sudah bersuara jangan buru-buru langsung digas. Sesuaikan dulu setelan celah pelatuk klep. “Biar setingannya cocok dengan kebutuhan karburator baru,” anjur Jidat.

~ oleh fansconer pada 25 Juli 2009.

4 Tanggapan to “Jadi Lebih Ganas”

  1. pake karbu PE28 ajib gan motor bawaanya mw teriak mulu..tapi hati2 gan dengan setingan pengapian pio nya,,,klo bisa untuk tali gas ane saranin pake punya Vespa bener ape kate bro jidat..karena tali gas yg orig agak pendek sedikit untuk pasang di skep PE28

    • ya begitulah bro. nilai modifikasi memang tinggi, pokoknya semangat berjuang aja…. dan terus cari modifikasi terbaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: